Recent Posts

Senin, 24 Juni 2013

Move On, Kawan!




”Kau itu memang anak yang gagal move on.Sehari maju, sehari mundur lagi.”
"Tapi dia….”
Kali ini Nurima menatapku tajam. Baru kali ini aku melihatnya menatapku seperti itu. Aku sampai tak berani meneruskan ucapanku.
”Sadarlah! Banyak hal lain yang lebih layak kau pikirkan. Berapa nilai matematikamu kemarin? Sudah delapan? Atau sembilan?”
Aku menunduk lesu sekaligus geram. Rasanya seperti ditampar. Tidak bisakah ia mengecilkan suaranya? Aku memang meminta nasehatnya, tetapi tidak bisakah ia lebih halus? Aku lalu menghitung dengan jari, berapa kali aku mendapat delapan? Oh, tidak! Sebaiknya aku hitung saja berapa kali aku mendapat enam.
Aku menggeleng pelan.
            ”Suci, mengapa pucat seperti itu? Kata-kataku terlalu kasar, ya? Maaf, aku tidak bermaksud untuk….”
            ”Kau benar, Nurima. Seharusnya aku melupakannya,” ucapku pelan.
            Aku kembali mengingat deretan kejadian mengerikan saat aku bersamanya. Ya, dia lelaki pertama yang telah membuatku berdebar setiap kali melihatnya. Mengerikan? Bukan perasaanku yang mengerikan, tetapi sikapnya padaku. Sudahlah, tidak perlu diingat lagi.
            ”Apa aku harus mendapat nilai delapan?” tanyaku datar pada Nurima yang kini menatapku dengan penuh rasa bersalah.
            ”Mungkin itu namanya memantaskan diri untuk orang yang kau cintai.”
”Nurimaaa, katanya aku harus move on?”
”Ups!”
***
Bu Nar, guru Matematika memasuki kelas. Suasana kelas mendadak senyap. Dari raut wajah Bu Nar, sudah tampak kekecewaan yang luar biasa. Ah, pasti lagi-lagi karena ekspektasi beliau yang terlalu tinggi dan malah membuat kami tertekan.
”Mengapa hasilnya seperti ini? Siapa kemarin yang menargetkan nilai sepuluh?”
Suasana kelas masih hening. Perlahan kami mengacungkan telunjuk ke udara. Benar, termasuk aku! Oh, target yang sungguh bodoh.
”Ini saja baru tujuh anak yang mendapat nilai delapan. Terendah masih ada nilai empat. Katanya kelas pilihan? Ra kacek![1]
Jleb! Akukah yang mendapat nilai empat? Aku sibuk dengan pikiranku sendiri. Ya Tuhan, berapa saja boleh asalkan tidak terendah di kelas.
”Suci Nurkhasanah…”
Tidak, itu benar-benar aku. Seketika aku lemas.
Nurima yang duduk di sebelahku memandangku penuh tanya.
”Kamu tidak senang, mendapat nilai delapan? Makanya jangan melamun. Bu Nar kan tadi bilang mau membacakan yang mendapat nilai delapan. Kamu tidak dengar, ya?”
Aku menggeleng sambil tertawa kecil. Lebih tepatnya tertawa bodoh. Benarkah?
”Gagal itu biasa. Bangkit dari kegagalan itu baru luar biasa.”
”Terima kasih kau sudah menamparku,” ucapku lirih.”Mungkin ini namanya memantaskan diri untuk orang yang aku cintai?”
***

S. Amylolitica
SMA Negeri 1 Muntilan



[1]Tidak beda,  sama saja

Buletin PERDU #7

0 komentar:

Posting Komentar